Pages

Subscribe:

Thursday, June 13, 2013

9 Situs Kuno Misterius yang Belum Terpecahkan


1. Reruntuhan Bawah Laut Alexandria (Mesir)

Reruntuhan ini dipercaya merupakan kota Alexander Agung, di mana istana Cleopatra berada.
Tenggelamnya kota itu diperkirakan terjadi 1.500 tahun lalu akibat gempa bumi dahsyat.
Bersamaan dengan terbenamnya istana itu, tenggelam juga artefak-artefak yang menghiasi istana, serta bangunan-bangunan lain dari istana Cleopatra itu.
Reruntuhan kota yang ditemukan di dasar laut ini, memang sengaja tidak diangkat ke daratan.
Pemerintah setempat berencana akan  menjadikan lokasi reruntuhan ajaib di bawah laut itu sebagai wisata air.

2. Misteri Stones Baalbek (Libanon)

Kuil Romawi yang terbesar yang pernah dibangun dan kini tinggal reruntuhannya, sebenarnya bukan di Yunani atau Roma, tapi justru di Baalbek, Libanon.
 
Kuil Romawi bernama Stone Baalbek itu dihancurkan oleh Kaisar Bizantium Theodosius, beruntung tidak semua bagian musnah.
Masih ada 6 dari 54 kolom, yang masih berdiri hingga kini.
Enam kolom inilah menjadi saksi sejarah dan meninggalkan jejak mistri yang menunggu diungkap.
Meskipun sisa-sisa kemegahan kuil ini masih terlihat jelas, namun sebenarnyalah, kuil ini sempat terbengkalai akibat perang.
Selama beberapa dekade, jarang sekali wisatawan berkunjung ke tempat ini akibat perang. Untungnya juga, perang tidak sampai menghancurkan kuil bersejarah ini. (peta lokasi)

3. Yonaguni, Peradaban Bawah Laut (Jepang)

Di pantai selatan pulau Yonaguni, Jepang, terdapat reruntuhan yang terendam, diperkirakan telah berusia sekitar 8.000 tahun.
 
Reruntuhan dibawah laut ini dikenal juga dengan nama Yonaguni Monument Underwater Ruins.
“Though some people believed that it was carved by geographic phenomena, it’s now confirmed to be man-made as the intricate stairways, carvings and right angles suggest.”
Meskipun sebagian orang percaya bahwa itu merupakan kreasi alam, namun sekarang muncul suara-suara yang menyebut itu buatan manusia.
Hal itu terlihat dari susunan tangga yang rumit, ukiran-ukiran yang ada di sana yang diyakini sebagai buatan manusia.
Situs ini ditemukan 1995 oleh seorang penyelam yang tersasar terlalu jauh dari pantai Okinawa. Kebetulan juga dia membawa camera untuk memotret bawah laut. (peta lokasi)

4.  Pulau Paskah (Chili)


Pulau Paskah-10 tempat misterius di dunia
      Pulau Paskah, juga dikenal sebagai Rapa Nui atau Isla de Pascua, adalah sebuah pulau Polinesia di tenggara Samudera Pasifik, yang paling terkenal untuk patung-patung monumental yang diciptakan oleh orang-orang Rapanui. Patung-patung, yang disebut moai, adalah bagian dari penyembahan leluhur pemukim pulau itu dan dipahat antara 1250 dan 1500 Masehi. Para Moai terberat didirikan berbobot 86 ton, yang menggambarkan betapa hebatnya prestasi itu untuk Rapanui telah menciptakan dan memindahkan mereka. Hampir setengah dari seluruh moai yang tersisa masih di Rano Raraku, tambang moai utama, tapi ratusan dipindahkan ke platform batu di sekeliling pulau.

5. Machu Picchu (Peru)

machu picchu-10 tempat misterius di dunia

         Machu Picchu adalah kota paling terawat baik dari kerajaan Inca, bersembunyi di ketinggian Andes Peru di sebuah gunung yang curam dengan bagian atas rata. Hal itu terlupakan selama berabad-abad oleh dunia luar, dan kembali ditemukan oleh arkeolog Hiram Bingham pada tahun 1911.Dengan tanpa perekat Batu-batu dari kota ini cocok satu sama lain,menempel begitu erat,bahkan mata pisau tidak dapat di masukkan di antara sambunganya. Penelitian modern menunjukkan bahwa Machu Picchu dibangun sekitar 1450 Masehi sebagai retret oleh dan untuk penguasa Inca Pachacuti dan bahwa bebatuan itu sebenarnya relatif kecil menurut standar Inca.

6.  Chichen Itzaa(meksiko)

Chichen Itzaa
      
Merupakan peninggalan arkeologi suku Maya di Meksiko yang paling lengkap serta masih terawat dengan baik. Menurut buku budaya suku Maya dari Chilam Balam, kompleks candi ini dibangun antara tahun 502-522 Masehi. Suku Maya hanya menempatinya selama 200 tahun, kemudian mereka berpindah ke daerah pantai di Campeche. Itza merupakan titik sentral kompleks bangunan lainnya seperti Piramida Kukulcan, Candi Chac Mool, dan bangunan Seribu Tiang.

7. Gobekli Tepe

Gobekli Tepe yang terletak di sebelah tenggara Turki. Tepatnya 15 km timur laut kota Sanliurfa. Bangunan ini berbentuk tiga lingkaran batu kuno megalitikum. Diperkirakan bangunan yang berada dekat dengan perbatasan Suriah ini sudah berdiri sejak 11.600 tahun yang lalu, atau 7000 tahun SM piramida agung Giza berdiri. Sehingga dianggap sebagai peninggalan tertua yang ada di dunia saat ini.
Saat pertama ditemukan, Gobekli Tepe dalam keadaan terkubur. Dari hasil penelitian sementara bangunan ini dibangun oleh kelompok pemburu pada masa itu yang sebenarnya hidupnya nomaden atau berpindah-pindah. Masih belum diketahui secara jelas, kenapa bangunan tersebut bisa terkubur. Hanya secara perlahan para arkeolog mulai menemukan titik terang mengenai sejarah bangunan tersebut. Terutama setelah mempelajari relief yang terpahat pada banguan terbuat dari batu kapur tersebut. Sebagian besar relief menggambarkan hewan beriringan seperti kijang, ular, rubah, kalajengking, dan babi hutan.
Beberapa sejarawan yang terlibat dalam penelitian sempat menyimpulkan bahwa bangunan tersebut merupakan sebuah tempat peribadaran. Namun, dalam perkembangannya, ditemukan bukti-bukti baru yang megarah pada sebuah bangunan khusus seperti kompleks percandian. Namun, semua itu masih belum pasti, karena hingga saat ini penelitian oleh para ilmuwan dari Jerman dan Turki terus dikembangkan. Tentu saja dengan harapan, misteri dari bangunan berbentuk lingkaran tersebut bisa segera terungkap.

8. Great Zimbabwe Ruins

 
Bangunan misteri berikutnya, yakni Great Zimbabwe Ruins. Seusai dengan namanya, bangunan ini berada di Zimbabwe. Mungkin kita tidak pernah menyangka jika di negara yang kini tergolong sebagai negara miskin tersebut, meninggalkan jejak sejarah yang hingga sekarang belum bisa dipecahkan misterinya. Tentu saja karena di daerah gurun Afrika jarang ditemukan sisa peradaban manusia masa lampau.
Great Zimbabwe Ruins, menjadi situs arkeologi paling penting yang pernah ditemukan di Afrika. Meskipun sejarawan dan arkeolog masih mencari jawaban mengenai asal-usul dan tujuan dibangunnya kompleks bangunan di atas tanah seluas 722 hektar tersebut, tetapi bukti-bukti yang ditemukan di peninggalan yang masuk dalam situs warisan dunia ini sepertinya sebagai tempat peribadatan masyarakat saat itu.
Bahkan negara Zimbabwe menjadikan bangunan tersebut sebagai simbol nasional dan menamai jenis burung yang ditemukan di tempat tersebut dengan nama yang sama, yaitu Zimbabwe. Diyakini bahwa bangunan dengan benteng sepanjang 800 meter tersebut berdiri sejak abad ke-11. Dan sebagian besar mempercayai pembangunan memang dilakukan penduduk asli Zimbabwe.

9. Chavín de Huantar Ruins (Peru)

Reruntuhan Chavín de Huantar di Peru juga merupakan Situs Warisan Dunia menarik yang berisi sisa-sisa artefak yang dibangun oleh Chavín, Inca pra-budaya, sekitar 900 SM

Situs ini berfungsi sebagai tempat berkumpul bagi orang-orang di daerah tersebut untuk berkumpul dan beribadah.
Tidak jelas mengapa budaya Chavín menghilang, meskipun beberapa percaya bahwa reruntuhan Chavín de Huantar menawarkan petunjuk tentang mengapa beberapa peradaban menghilang.
Kebanyakan teori menyebut musnahnya Chavín karena kondisi lingkungan termasuk terjadinya gempa bumi, sementara dugaan lain adalah perebutan kekuasaan.

1 comments:

Fiana said...

pasti seru kalo meneliti yang begituan

http://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/news-promo/news/dari-warisan-mertua-sampai-jatuh-cinta/#ilm-survey

Post a Comment